Selasa, 27 Oktober 2009

Membuat rumput dengan menggunakan 3Ds Max

Membuat rumput 3 Dimensi kini semakin mudah dilakukan dengan aplikasi software 3 Dimensi. Anda dapat menggunakan aplikasi 3ds max misalnya. Namun fitur untuk membuat rumput ini, baru tersedia di 3ds max versi 8 keatas (di versi 7.5 sebenarnya sudah tersedia, hanya saja prosedur penginstalannya agak sedikit panjang. Disarankan Anda menggunakan 3ds Max versi 8 keatas). Fitur tersebut bernama Hair and Fur. Fitur ini tidak saja berfungsi untuk membuat rumput, namun sesuai dengan namanya, dapat juga membuat rambut dan bulu 3 Dimensi. Dengan adanya fitur ini, objek rumput yang dibuat akan tampil lebih nyata dan realistik.


Cara membuatnya:

1. Pada Command Panel, klik tab Create>Geometry>Plane


2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol Create



3. Buka tab Modify



4. Di rollout Parameters, Anda isi nilai parameter seperti petunjuk dibawah.



5. Klik kotak warna seperti pada gambar dibawah



6. Pilih warna coklat dan tekan tombol OK



7. Klik kotak bertuliskan Modifier List (seperti pada petunjuk dibawah)




8. Klik pilihan Hair and Fur (WSM).




9. Buka rollout Material Parameters dan ubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua


10. Memilih warnanya seperti pada panduan gambar berikut



11. Setelah selesai, Anda klik menu Rendering>Render


12. Klik tombol Render


13. SIMSALABIM!! Sekarang Anda sudah punya halaman sendiri.. ^^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar